Senin, 14 Desember 2009

Ganti motor air wiper Hyundai Trajet

Air wiper bagian belakang trajet saya gak mau keluar.....kenapa? selidik punya selidik ternyata motor air wiper gak bekerja (karena gak ada bunyi nguuuiiikkk.......saat tobol wiper belakang ditekan) Letaknya dibawah lampu sign bagian kiri, nempel sama tabung air wiper, lepas lampu sign dan headlamp untuk mempermudah pekerjaan. Lepas soket motor air wiper, untuk memastikan rusak atau tidak bisa ditest menggunakan adaptor 12V, klo gak fungsi/berputar motor air wipernya,kemungkinan sudah rusak.
Setelah dipastikan motor air wiper yang rusak, lepaskan selang-nya lalu tarik motor air wiper keluar dari tabung air wiper, agak keras karena ada seal karet-nya. Berikut gambarnya dalam keadaan soket terlepas. inilah rupa tersangka utama, sudah berkarat bagian dalam (bodi dinamo).
Sebelumnya siapkan motor air wiper baru, (klo menurut toko yg jual motor wiper ini bisa menggunakan produk universal, yang penting diameternya sama) kebetulan yang ada merk HMC dengan harga 35 ribuan. Jangan lupa untuk men-test-nya sebelum meninggalkan toko (walopun baru kadang ada juga yang tidak berfungsi) agar tidak bolak-balik.
Pasang kembali ke tabung, begitu juga soket dan selangnya, isi air wiper dan pastikan tidak ada rembesan air dari seal antara tabung dan motor air wiper, lakukan test untuk memastikan air keluar di washer belakang. Proses yang sama bisa dilakukan bila motor air wiper bagian depan yang bermasalah.

Mudah2xan berguna

1 Komentar:

Blogger Unknown mengatakan...

Kalau yang depan gimana bukanya gan, (maaf saya orang baru gan).

7 Agustus 2012 pukul 20.12  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda